Menteri & CEO BICARA
PROSPEK EKONOMI
2017

Optimistis. Kata ini menjadi keyakinan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan CEO berbagai perusahaan ternama di Indonesia saat berbicara mengenai prospek pertumbuhan ekonomi 2017 di tengah ketidakpastian global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2017 adalah 5,1 persen, dan itu akan menjadi landasan bagi pemerintah untyuk menyusun berbagai kebijakan di sektor fiskal, dan membantu agar pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan konektivitas pada 2017 bakal bertambah baik. Pihaknya akan membentuk “hub” udara dan “hub” laut dengan pengembangan di selatan Malaka, Bitung, dan Sorong.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito berupaya agar ekspor Indonesia meningkat, serta tetap menjaga pasar domestik. Dia melihat, di tengah kondisi ekonomi global yang lesu, pasti ada peluang dan dia optimistis Indonesia mampu mengatasinya.

CEO Garuda Indonesia Arif Wibowo optimistis pertumbuhan lalu lintas udara mendekati 10 persen pada saat pertumbuhan ekonomi Indonesia 5 persen. Adapun CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama yakin perhatian pemerintah pada dunia pariwisata sangat tinggi. CEO PT Bank Negara Indonesia (perserto) Tbk Ahmad Baiquni optimistis kondisi ekonomi Indonesia pada 2017 lebih baik dari 2016, meski di pengujung tahun, ada kekhawatiran terhadap Trump Effect.

CEO PT XL Axiata Tbk Dian Siswarini berpendapat, sektor telekomunikasi akan tumbuh pesat karena kelas menengah Indonesia juga tumbuh cepat. Kelas menengah inilah yang akan membuat daya beli meningkat.

Sri Mulyani

Menteri Keuangan

"Kita memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2017 adalah 5,1 persen yang akan menjadi landasan bagi kami untuk menyusun kebijakan-kebijakan di sektor fiskal"

Ahmad Baiquni

Presdir/CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

"Tahun 2017, menurut hemat kami, kondisinya akan jauh lebih baik dari 2016 walaupun di ujung 2016 terjadi sedikit kekhawatiran akibat Trump Effect"

Lilik Oetama

CEO Kompas Gramedia

"Kami sangat berharap pemerintah menurunkan suku bunga agar daya saing kita sebagai pengusaha atau pelaku bisnis bisa lebih baik"

Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan

"Tahun 2017, kita pastikan konektivitas bertambah baik. Ada program menarik: bagaimana logistik dikelola serius dengan mengaktifkan tol laut"

Dian Siswarini

Presdir/CEO PT XL Axiata Tbk

"Kami optimistis menghadapi 2017, khususnya di dunia telekomunikasi karena tumbuhnya kelas menengah. Kelas menengah ini akan membuat daya beli meningkat"

Enggartiasto Lukito

Menteri Perdagangan

"Untuk sektor perdagangan, ekspor tak akan menurun, bahkan kita upayakan akan meningkat karena di tengah kondisi ekonomi global, pasti ada peluang dan kami optimistis"

Arif Wibowo

CEO Garuda Indonesia

"Air traffic berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi. Jadi kalau pertumbuhan 2017 di atas 5 persen, kita masih berharap mendekati 10 persen pertumbuhan"

Penulis
Robert Adhi Kusumaputra

Videografer
Didit Putra Erlangga, Haryo Damardono
Robert Adhi Kusumaputra, Nasru Alam Aziz

Video Editor
Danial AK

Artis Infografik
Pandu Lazuardy

Desainer & Pengembang
Elga Yuda Pranata

Produser
Prasetyo Eko P